Tentang Buku “Wahai Muslimah Mengeluhlah Sepuasmu.”

Oleh : Fitri Syalu Amalia

Buku Wahai Muslimah Mengeluhlah Sepuasmu adalah buah karya dari Malik al-Mughis yang diterbitkan oleh As-Sajdah pada tahun 2017 dengan tebal sebanyak 188 halaman.

Buku tersebut berisi kisah-kisah inspiratif muslimah yang memiliki beban dan cobaan yang amat sangat berat dalam hidupnya. Akan tetapi ujian hidup yang menimpa mereka tidak menjadikan mereka sebagai pribadi yang suka mengeluh, justru kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi cobaan semakin melipat dalam menghadapinya.

Salah satu contoh yang diangkat dalam buku tersebut adalah kisah tentang Siti Hajar istri Nabi Ibrahim, ibunda dari Nabi Ismail. Ia ditiggalkan oleh Nabi Ibrahim bersama Ismail diantara bukit shafa dan marwah tanpa diberi perbekalan apapun. Cobaan yang dirasakan oleh Siti Hajar sangat berat namun ia tidak mengeluh, ia sabar dan berusaha berikhtiar bulak-balik tujuh kali antara shafa dan marwa mencari air untuk putranya, Ismail. Hingga akhirnya kesabarannya berbuah manis. Dan banyak kisah lain yang dihaturkan dalam buku tersebut.

Buku tersebut memberi pelajaran bagi setiap muslimah, bahwa mereka berhak mengeluh sepuasnya jika memiliki beban hidup yang lebih berat dari perempuan muslimah yang terdapat dalam buku tersebut. Sebab setiap ujian memiliki batas dan balasannya.
Maka tidak sepatutnya begitu mudah mengeluh mengeluh dengan cobaan yang diberikan Allah swt. melainkan muslimah harus belajar untuk lebih bersabar, tabah, tidak putus asa dalam berdo’a dan berusaha mencari jalan keluar dari ujian yang melanda.

Setiap muslimah pasti pernah merasakan ujian hidup, lalu mengeluh dengan beban tersebut, walaupun beban tersebut tidak seberat beban yang dirasakan oleh Siti Hajar. Beliau saja yang bebannya berat pantang untuk mengeluh. Lah kita, beban sedikit saja mengeluh gini-gitu.

Jikapun muslimah harus mengeluh, hanya Alloh-lah sebaik-baik tempat mengadu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *